Memoirs_of_a_Geisha_PosterGenres: Drama, Romance and Adaptation
Sutradara: Rob Marshall
Pemain: Ziyi Zhang, Ken Watanabe, Michelle Yeoh, Koji Yakusho, Youki Kudoh 


Memories of Geisha adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Film garapan sutradara Rob Marshall ini berhasil masuk pada 6 kategori nominasi diajang pala Oscar (Academy Awards) 2006, namun hanya berhasil menyabet 3 piala untuk kategori Sinematografi, Rancang Kostum dan Tata Seni Terbaik.

Film produksi Amblin Entertainment kepunyaan Steven Spielberg ini mengisahkan perjalanan seorang Geisha hingga menjadi terkenal dan dipuji. Kisahnya berawal dari dijualnya Chiyo (Suzuka Ohgo) dan kakaknya Satsu kepada seorang makelar oleh bapak mereka sendiri di saat ibu mereka sedang terbaring sakit di tempat tidur. Tiba di distrik Gion, Chiyo dibeli seorang pemilik rumah geisha bernama Nitta, sementara Satsu dipekerjakan di sebuah tempat pelacuran.

Sejak kehadirannya dirumah Nitta, Chiyo langsung menarik perhatian. Hingga menimbulkan rasa sirik Hatsumomo (Gong Li) sebagai seorang Geisha senior yang tinggal di tempat yang sama. Hatsumomo dan Nitta memperlakukan Chiyo sebagai pembantu.

Mendengar kabar meninggalnya kedua orang tua dan kaburnya sang kakak entah ke mana membuat Chiyo sangat sedih dan frustasi. Di tengah keputusasaannya, ia bertemu dan bercakap-cakap dengan seorang pria ramah yang dikenal dengan sebutan Chairman (Ken Watanabe). Pertemuan yang sangat berkesan itu membuatnya jatuh cinta itu menjadi titik awal pendorong semangat Chiyo menjadi seorang geisha. Tujuannya agar bertemu lagi dengan Chairman

Saat tumbuh remaja, jalan menjadi sebagai geisha berjalan mulus bagi Chiyo. Semuanya tidak lain berkat Mameha (Michelle Yeoh), geisha paling sukses di Gion. Oleh geisha yang merupakan saingan berat Hatsumomo, Chiyo ‘dipinjam’ dari Nitta untuk dididik sebagai geisha magang. Ia mendapat nama baru: Sayuri (Ziyi Zhang).

Kesuksesan Sayuri menjadi Geisha benar-benar menimbulkan persaingan bagi Hatsumomo. Tak sampai disini upaya mencari cinta sejatinya sang Chairman banyak menemui kendala. Mulai dari kehadiran Nobu yang mulai menyukai Sayuri hingga menimbulkan cinta segi tiga, hingga sayuri harus terpisah dengan Chairman saat terjadi perang dunia kedua.
Pertemuannya kembali dengan dengan Chairman dan juga Nobu yang sama-sama ingin menjalin hubungan cinta lebih jauh dengannya kembali menimbulkan dilema tersendiri bagi Sayuri, hingga ia merancang suatu rencana yang sayangnya dikhianati oleh temannya sendiri.

Kisah sang geisha dalam mencari cinta sejati ini cukup mengharukan. Dramatis tapi berkesan. Namun ending-nya ternyata dibikin happy.

Film berdurasi 2 jam 24 min ini mencoba meyakinkan penonton bahwa Geisha bukanlah pelacur, Geisha adalah artis dengan keterampilan berkesenian yang pada masa itu, menjadi ikon hiburan para borjuis di Jepang.

Download filmnya disini
Memoirs of a Geisha (2005) Part 1 and Part 2