Sabtu, 31 Juli 2010

Spiderman (2002), 2 (2004) & 3 (2007)

Spiderman123Genres : Action/Adventure, Fantasy and Adaptation
Directed by : Sam Raimi
Pemain : Tobey Maguire, Kirsten Dunst, James Franco


Spiderman masuk sebagai salah satu film Box Office dan menjadi film favorite di seluruh belahan dunia pada saat peluncurannya. Di Amerika kesuksesan Spidermen 1 yang mencetak angka US$ 403,706,375 berulang pada sequelnya Spiderman 2 yang riiilis dua tahun berikutnya sebesar US$373,377,893.(menyamai kesuksesan Trilogy The Lord of The Ring) Dan kedua film ini meraih penghargaan sebagai film favorite di versi MTV Movie Awards pada tahun rilisnya.

Film Superhero yang satu ini memang apik digarap oleh sang Sutradara (Sam Raimi), penggambaran tokohnya yang diangkat dari komik terbitan Marvel ini betul-betul hidup dan nyata (Bandingkan dengan Hulk (Eric Bana) yang sangat terkesan animasi). Dipadu dengan visual effect yang rapih.

Skenario yang dikembangkan oleh David Koepp dan Alvin Sargent dari komiknya langsung ini memang sangat bagus. Bila dibandingkan dengan film superhero lain (Superman, Fantastic Four, Batman dll), penggambaran sisi-sisi kemanusiaan dengan berbagai masalahnya (sisi drama) sangat terasa disini, meskipun film ini berkisah tentang superhero.

Pada Spiderman sequel pertama, ada adegan yang paling gw inget yaitu sebuah dialog yang diucapkan paman Ben untuk mengingatkan Peter saat hendak meninggal dunia, dan pesan ini patut kita ingat pula, yaitu ”Dibalik kekuatan yang besar, terdapat tanggung jawab yang besar pula”.

Kisah cintanya dengan MJ yang  berlanjut hingga ke Spiderman 2 pun nampak sekali penggambaran sisi kemanusiaan sang superhero disini, yaitu dia juga ingin merasakan arti cinta, memiliki cemburu, pengorbanan dll. Dilain pihak dia harus mengubur dalam-dalam semua hasratnya dan menjauhkn MJ dari masalah, karena perannya sebagai Spiderman yang bertanggung jawab menyelamatkan nyawa manusia, dan banyak dibenci oleh musuh-musuhnya.

Di Spiderman 2, adegan perasaan Harry Osborn (sahabat Peter) yang berkecamuk setelah mengetahui siapa dibalik topeng Spiderman sesungguhnya yang telah menghilangkan nyawa ayahnya Norman Osborn alias si Green Goblin, perasaan dendam yang selama ini dia sematkan kepada sang pembunuh ayahnya, harus berkecamuk melawan rasa persahabatannya dengan sang pembunuh yang ternyata adalah Peter sahabatnya sendiri.

Dan di Spiderman 3 akan digambarkan pertarungan antar dua sahabat ini (gile…), dan tentunya dengan Action dan Visual Effect yang semakin kreen.

Sebagai superhero pujaan, Sam Raimi berniat untuk terus menggarap Sequel-sequel berikutnya tanpa ada embel-embel Spiderman Begin, Spiderman Return, Spiderman Forever apalagi Spiderman and Spiderwoman. Tapi akan terus dibuat dengan istilah Spiderman 1, 2, 3, dan seterusnya entah sampai berapa sequel. “Jadi gak mati judul” katanya. Tapi cerita tetap berkembang dan pada setiap sequel akan memunculkan monster/musuh-musuh baru setelah “Green Goblin” , “Doc Ock” dan “Sandman and Venom” sesuai cerita dalam komiknya.

Ketiga film ini memang layak menjadi koleksi. Disamping menghibur, film ini memiliki pesan yang baik. Seperti kata Paman Ben tadi. Koleksi pula Original Soundtracknya (Train, Jet, Maroon5,dll), Kreen banget! kamu bisa googling langsung.

Btw Spiderman 4 bakal Rilis 6 May 2011 kita tunggu nyo....

Download filmya disini :
Spiderman 
CD 1 and  CD 2
Spiderman 2
CD 1 and CD 2
Spiderman 3






Tidak ada komentar:

Posting Komentar