Minggu, 01 Agustus 2010

Brokeback Mountain (2005)

BBGenres : Drama
Sutradara : Ang Lee
Pemain : Heath Ledger, Jake Gylenhaal, Anne Hathaway, Michelle Williams, Randy Quaid, Linda Cardellini


Sebuah kisah asmara dua orang pemuda, peternak Ennis Del Mar (Heath Ledger) dan seorang koboi rodeo, Jack Twist (Jake Gylenhaal) yang bertemu dimusim panas tahun 1963 saat menggembala ternak di sebuah peternakan di pegunungan Brokeback. Secara tak terduga hubungan mereka sangat intim, dan salah satu dari mereka mengidap komplikasi. Hadirnya kegembiraan dan tragedi-tragedi menggambarkan sebuah pernyataan dan kekuatan akan cinta. Itulah inti cerita film yang berdurasi 134 menit ini.

Brokeback Mountain merupakan karya terbaru peraih sutradara terbaik piala Oscar©, Ang Lee (sebelumnya Ang Lee pernah meraih Best Director lewat karyanya Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)), kali ini Ang Lee mencoba menyuguhkan kembali sebuah drama kisah cinta. Film ini sempat kontroversial karena secara terang-terangan mengekspos hubungan seksual antara dua orang pria. Bahkan di beberapa negara film ini dilarang diputar. Penontonnya pun terbatas bagi penonton berusia 17 tahun ke atas.
Dibalik kontroversialnya, justru kualitas film banyak mendapat pujian dari berbagai pengamat film, dan tentunya film ini menyabet bebrapa piala, dan masuk dibeberapa kategori.

Pada ajang Golden Globe 2006, Brokeback Mountain memenangkan 4 piala untuk kategori Film Drama Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Terbaik dan Lagu Terbaik. Film ini juga memenangkan Golden Lion untuk film terbaik di Venis Festival tahun 2005. Dan pada ajang piala Oscar© 2006 film ini masuk dalam 8 kategori nominasi, mulai dari film terbaik, sutradara, aktor, aktor pendukung, aktris pendukung, skenario, sinematografi, hingga kategori musik asli terbaik. Namun sayangnya hanya tiga kategori yang berhasil diraih yaitu Sutrdara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik serta Musik Asli Terbaik.

Ebert & Roeper, kritikus film terkemuka AS, memberikan "dua jempol" kepada Brokeback Mountain. Di RottenTomatoes.com, sebuah situs web pengumpul tinjauan film, sejumlah 188 review memberikan rata-rata persentase sebesar 88%.

Cerita film ini sendiri diangkat dari cerpen karya penulis pemenang penghargaan Pulitzer, Annie Proulx dan diadaptasi oleh penulis pemenang Pulitzer lainnya, Larry McMurtry dan Diana Ossana.

Banyak yang membandingkan film ini dengan kisah Romeo + Juliet ataupun Titanic. Meski di awal-awal cerita mengalir sangat lambat, tapi Brokeback Mountain tidak membosankan karena penonton disuguhi latar belakang pegunungan yang indah.

Menurut sang Produser James Schamus, film yang dibuat dengan budget murah sekitar US$ 14 juta ini berhasil balik modal di minggu pertama pemutarannya. Saat diputar secara terbatas di New York, Los Angeles, dan San Francisco pada rilis perdananya 9 Desember 2005, pendapatannya mencapai US$547.425 untuk 5 bioskop di minggu pertama. Dan Sampai dengan 20 Februari 2006 (2 bulan peredarannya), pendapatan kotor Brokeback Mountain telah mencapai $72 juta di Amerika Utara saja, dan $44,5 juta di seluruh dunia. Film ini menjadi film terlaris Focus Features saat ini. Menurut beberapa sumber, ini adalah pendapatan rata-rata tertinggi per putaran untuk jenis film drama di sepanjang sejarah perfilma. Anda Penasaran?

Download filmnya disini : 
Brokeback Mountain (2005)

2 komentar:

  1. thanks boss, saya sudah cari ke mana ni film, baru nemu di sini....

    BalasHapus
  2. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Brokeback Mountain [ 2005 USA BrRip 1080p anoXmous Audio English Subtitle English, Indonesia 1590 MB ]

    http://www.amadei33.com/2015/04/brokeback-mountain-2005-usa-brrip-1080p.html

    Silahkan kalau mau donlot


    amadei33.com

    BalasHapus