Minggu, 01 Agustus 2010

The Da Vinci Code (2006)

film14491Genres: Drama, Thriller, Adaptation and Politics/Religion
Sutradara : Ron Howard
Pemain : Tom Hanks, Jean Reno, Audrey Tautou, Alfred Molina, Ian McKellen


Tidak sedikit karya Hollywood yang mengundang banyak kontroversi di negara tertentu, taruhlah True Lies yang dituduh melecehkan masyarakat muslim, atau Memoir of A Geisha yang dituding oleh pemerintah Jepang me nguak sensualitas yang tidak sepatutnya dipertontonkan, dan yang masih hangat dalam ingatan kita adalah The Da Vinci Code, sebuah karya sinematografi yang disutradarai oleh Ron Howard dan merupakan deformasi utuh dari novel dengan judul yang sama.

The Da Vinci Code berawal dari sebuah novel karangan Dan Brown seorang penulis Amerika dan diterbitkan pada 2003 oleh Doubleday Fiction (ISBN 0385504209). Buku ini adalah salah satu buku terlaris di dunia dengan 36 juta eksemplar (hingga Agustus 2005) dan telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa, termasuk Indonesia. Di Indonesia diterbitkan oleh penerbit Serambi Ilmu Semesta (ISBN 979335807) pada tahun 2004.

Menggabungkan gaya detektif, thriller dan teori konspirasi, novel ini telah membantu mempopulerkan perhatian terhadap sebuah teori-teori tentang legenda Piala Suci (Holy Grail) dan peran Maria Magdalena dalam sejarah Kristen - teori-teori yang oleh Kristen dipertimbangkan sebagai ajaran sesat dan telah dikritik sebagai sejarah yang tidak akurat. Oleh Ron Howard Novel ini kemudian diangkat ke layar lebar.
The Da Vinci Code yang menghebohkan tersebut pada pemutaran perdananya 17 Mei di Festival Film Cannes, tidak mendapatkan tanggapan yang istimewa. Meskipun begitu film ini mampu mencetak angka box office hingga mencapai U$217,536,138.

Film yang dibuat dengan anggaran US$125.000.000 ini, mampu menyedot kalangan publik untuk melakukan kritik, berbagai macam judul buku pun terbit yang isinya hanya mengulas benar tidaknya dibalik Novel The Da Vinci Code yang Best Seller ini.

Ron Howard sebagai sutradara yang pernah berhasil memenangkan Academy Award sebagai Best Director pada film Beautiful Mind, mampu memvisualisasikan cerita novel The Da Vinci Code dengan gamblang dan mendetail. Sepanjang Cerita, penontonpun akan diajak berdebar-debar mengikuti jalan ceritanya. Dan penonton yang belum pernah membaca novelnya akan dibuat betah melihat adegan demi adegan dalam filmnya yang kelak akan menimbulkan sugesti untuk membaca/membeli novelnya pula.

Download filmnya disini : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar